Berita
Kamis, 27 Juni 2019

Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Pakpak Bharat

Dinas Pariwisata Kabupaten Pakpak Bharat, menyelenggarakan  “Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata” kepada masyarakat di Kabupaten Pakpak Bharat. Pelatihan tersebut berlangsung selama Tiga hari dari tanggal 24 sampai dengan 26 Juni 2019 di Gedung Balai Sada Arih, Sindeka. Dalam sambutan Pj. Bupati yang dibacakan oleh asisten II Setda, Bapak Supardi Padang, berpesan kepada peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan tersebut, karena beliau meyakini bahwa pariwisata dapat membantu pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Pakpak Bharat (24/06/19).

Sebanyak 40 peserta yang berasal dari beberapa Kecamatan se-Kabupaten Pakpak Bharat mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dengan antusias, setiap harinya peserta disuguhi materi yang dibawakan oleh tiga orang narasumber dan lima orang Instruktur yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPD Sumatera Utara. Seluruh narasumber dan instruktur yang dihunjuk sudah memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang kepariwisataan. Tidak hanya memberikan materi, Narasumber juga mengadakan evaluasi kepada peserta untuk memastikan pemahaman peserta pada materi yang sudah diberikan.

Pj Bupati Pakpak Bharat Asren Nasution hadir dalam acara sebut, mengatakan, potensi kepariwisataan Pakpak Bharat sangat luar biasa. Karena itu Pj. Bupati mengajak semua unsur masyarakat bergerak mengikuti lajunya yang begitu cepat. “ Jika kita lengah sedikit saja maka kita akan tertinggal jauh di belakang. Melalui sektor pariwisata sesuatu bisa dijadikan sebagai sarana berwisata baik yang sudah alami maupun buatan kita sendiri. Rumah kita bisa dijadikan  sebagai homestay dan lain-lain,” ungkapnya.

Koordinator Panitia Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata, Rudi Sinamo mengatakan, Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar memahami strategi pengelolaan destinasi wisata. “Kita berharap kepada Peserta pelatihan ini agar mensosialisasikan skill yang diterima di pelatihan ini, karena peran serta masyarakat untuk memajukan Pakpak Bharat melalui sektor kepariwisataan sangat kita harapkan,” Pungkasnya.

 Bapak Drs.Bambang Sunarjo Banurea, selaku Kepala Dinas Pariwisata secara resmi menutup rangkaian kegiatan tersebut, dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih atas keseriusan dan semangat peserta serta persentasi kehadiran yang masih penuh sampai hari ketiga. (27/06/19). Dalam acara penutupan kegiatan pelatihan tersebut diadakan makan bersama di lokasi Objek Wisata Lae Temberkuh, Kecamatan Salak.

                                            Penulis

                                            (Wiwin Roy Jaya Saragih)


LOGIN E-KINERJA
Copyright © 2019 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved