Adat Pakpak

Gerga Pakpak

Kamis, 29 Desember 2016

GERGA PERKAIS MANUK MARAK
Hiasan ini melambangkan bahwa penghuni rumah mengetahui segala masalah yang berhubungan dengan adat. Gerga ini biasa diletakkan pada bagian depan rumah bagian atas yang berbentuk segitiga yang menghubungkan bidang Bengbenghari. Bidang segitiga ini melambangkan tiga unsur yaitu :
1. Kula-kula (keluarga Pihak Istri)
2. Dengan Sibeltek (Keluarga seketurunan/Saudara)
3. Berru (Keluarga suami anak perempuan)

 

GERGA PERHEMBUN KUMEKE
Gerga ini biasa diletakkan di bawah Gerga Perbunga Koning, dan Gerga ini melambangkan cita-cita agar pemilik rumah mendapat banyak keturunan dan banyak harta. Jika Gerga ini diletakkan di lesplang maka berfungsi sebagai penangkal dari segala hal yang buruk.

 

GERGA PEROTOR KERRA
Hiasan ini menggambarkan kerra yang berbaris berombongan melambangkan agar manusia bersekutu mencari penghidupannya untuk mendapat rejeki yang tiada hentinya. Kerra terdepan adalah pemimpinnya yang diikuti oleh anggotanya menggambarkan mereka tunduk dan setia pada pemimpinnya. Gerga ini biasa dietakkan di sebelah kiri dan kanan ujung bawah nengger melintang dari ujung lespank bagian dalam.

GERGA PERBUNGA KONING
Hiasan ini melambangkan puncak keindahan bagi kaum wanita, gerga ini juga melambangkan keindahan agar penghuninya disukai orang lain seperti bunga kunyit yang harum semerbak. Gerga ini biasa diletakkan tengah segitiga atap yang membujur memotong ujung dari pada nengger sebagai bidang yang menghubungkan kedua sisi atap.

GERGA ADEP
Melambangkan kesuburan untuk mendapatkan banyak keturunan. Letaknya pada sebelah kiri dan kanan pintu rumah.

GERGA DASA SIWALUH
Hiasan ini melambangkan arah mata angin kedelapan penjuru, maka gerga dasa siwaluh adalah sebagai tangkal aji ajian dan maksud jahat musuh dari segala penjuru. Letaknya pada dinding muka rumah sebelah bawah.


GERGA PERSALIMBAT
Hiasan ini melambangkan persatuan dan kesatuan/kekeluargaan. Nampak dari ukiran yang berjalin jalin dan bersambung, berarti yang punya rumah senang akan persatuan dan suka menjalin persahabatan dan mempunyai pergaulan yang banyak. Letaknya pada bagian muka rumah diatas tiang/pada melmelen.

GERGA BULAN
Hiasan ini sebagai lambang perhitungan musim, dianggap dasar perhitungan tahun yang sangat Penting bagi kehidupan petani. Letaknya diantara braspati.

GERGA BERASPATI
Hiasan ini menggambarkan sepasang cecak yang disebut tendi sapo. Ornamen ini dianggap sebagai pelindung, sebagai lambang tendi (roh) yang akan melindungi sipenghuni rumah lahir batin. Hiasan ini juga melambangkan dewa penguasa tanah sebagai lambang kesuburan yang di sebut Beraspati Tanoh.

GERGA NENGGER/NIPERMUNUNG
Hiasan ini melambangkan kedudukan Raja, Pertaki (Penguasa) seorang bangsawan yang bermarga Asli di daerah tempat dia berdomisili. Hiasan ini melambangkan kejayaan pemerintahan  seorang Raja. Letaknya tegak lurus dari puncak atas sampai pertengahan bagian depan atau tengah tengah melmelen bonggar.

GERGA TUMPAK SALAH SILIMA
Ornamen ini berisikan harapan harapan agar penghuni rumah atau sipemilik bendanya dijauhkan dari racun atau bisa. Ornamen ini biasa diletakkan pada bengbeng hari dan juga sendok nasi yang terbuat dari kayu atau bambu.

(sumber : http://wisatakalakpakpak.blogspot.co.id/)


LOGIN E-KINERJA
Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved